IKLAN
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO BUPATI & WAKIL BUPATI

ALIONG MUS & RAMLI

Desa Wayo Prioritaskan 16 Item Pembangunan Pada APBDes 2017
Ditulis oleh : Achun Nurdin

31 Juli 2018 - 09:10:03 WIB

DESA WAYO, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, memprioritaskan 16 item program untuk empat bidang kegiatan pada Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2018 Tahap ke dua. Penetapan 16 aitem merupakan hasil dari musyawarah pemerintah Desa yang melibatkan unsure BPD Desa Wayo.

Bahkan dalam musyawarah itu, ada sejumlah usalan yang belum diakomodir. Hingga akan diakomodir pada tahap selanjutnya.  Apalagi, saat ini desa Wayo terus melakukan pembangunan dari berbagai sisi. Apalagi, saat ini desa wayo mulai diminati warga untuk berdomisili. Hingga penataan kawasan terus dilaksanakan berdasarkan petunjuk Bupati Pulau Taliabu Hi. Aliong Mus.

 Kades Wayo Sofyan Hasan, mengaku bahwa untuk pekerjaan fisik sebagaimana tertera dalam APBDes yang saat ini telah dibuat dalam bentuk infografik Desa Wayo APBDes untuk dipasang sebagaimana aturan kewajiban menyampaikan keterbukaan kepada khalayak umum khususnya warga masyarakatnya sendiri.

16 item pembangunan yang dirancang dalam empat bidang itu, telah disepakati ada tiga pembangunan fisik yang bersumber dari Dana Desa (DD) yakni, Pembangunan sarana dan Prasarana fisik social, Pembangunan sarana sanitasi dan kebersihan lingkungan serta pembangunan tambatan perahu.”Tiga aitem ini telah menghabiskan anggaran sebesar Rp.618.174.800,”kata Kades Wayo, Sofyan hasan.

Semua prioritas usulan pembangunan lain adalah pembangunan dalam Penyelenggaran Pemerintah Desa (P2D) juga telah dianggarkan sebanyak Rp.387.742.030, untuk lima aitem kegiatan Pemerintah Desa. Baik kegiatan menyangkut dengan tunjangan aparatur desa, operasional kantor dan operasional BPD serta penyelenggaraan Musyawarah Desa (Musdes).

Aitem lain juga pada tahap kedua adalah bidang pemberdayaan Masyarakat Desa yang dianggarkan sebesar Rp.51.920.000 yang titik beratkan pada kegiatan pemberdayaan kesehatan seperti posyandu, UP2K dan BKB serta Pelatihan kelompok tani dan nelayan.”Untuk tahap ini pelatihan untuk nelayan kita sangat mengfokuskan. Apalagi, rata-rata masyarakat banyak yang menjadi nelayan. Namun, petani juga tak dibiarkan begitu saja,”akunya.

Dan untuk bidang Pembinaan Masyarakat, pemerintah desa mefokuskan pada enam aitem kegiatan diantaranya kegiatan social dan budaya, kepemudaan, LPM, kegiatan PAUD serta kegiatan PKK. Enam aitem ini pemdes telah mengalokasikan dana sebesar Rp.118.741.200.”Kegiatan ini memang menjadi kegiatan pembinaan dan hampir semua desa mengutamakan pembinaa SDM untuk tercapainya masyarakat yang berkualitas,”ujarnya. Seraya menambahkan bahwa pihak desa juga menyertaan modal usaha sebesar Rp.80 juta. (dhi/adv)

IKLAN
JAJAK PENDAPAT
Bagaimanakah proses pelayanan administrasi pemerintahan Kabupaten Pulau Taliabu?
Puas
Biasa
Tidak Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 41176 kali
PENGUMUMAN TERBARU